PENGARUH LINGKUNGAN BELAJAR BERBASIS KELAS TERHADAP SIKAP DAN PENGETAHUAN SISWA KELAS XI SMA QUEEN AL FALAH POKOK BAHASAN BARISAN DAN DERET

U’ul Ulinuha Rahajeng Widhaning
SMA Queen Al Falah ; Desa Ploso, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri,
Jawa Timur 64162 ; uul.ulinuha@gmail.com

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilakukan di SMA Queen Al Falah pada bulan April 2021. Sampel yang diambil adalah 2 kelas homogen yang dipilih berdasarkan keadaan lingkungan kelasnya yang sesuai dengan persyaratan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas. Lingkungan Belajar Berbasis Kelas diukur menggunakan adaptasi skala (Actual Classroom Environment Scale) ACES, sikap diukur menggunakan Skala Sikap Siswa terhadap Matematika yang diadaptasi dari Kuncoroningsih (2013) dan pengetahuan diukur menggunakan pre-test dan post-test yang dibuat oleh peneliti. Hasil uji t (independent sample test) menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara Lingkungan Belajar Berbasis Kelas terhadap sikap siswa (p=0,000<0,05) dan terhadap pengetahuan siswa (p=0,000<0,05). Selain itu, model regresi menunjukkan bahwa Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memberikan sumbangan efektif sebesar 26,7% terhadap sikap siswa (r2 =0,267), serta 33,3% terhadap pengetahuan siswa (r2). Hasil penelitian menunjukkan Lingkungan Belajar Berbasis Kelas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap sikap siswa , meskipun tidak besar. Hal ini karena adanya variabel lain yang mempengaruhi sikap siswa yaitu faktor guru, faktor lingkungan belajar dan faktor lingkungan kelas.Kata Kunci: Lingkungan Belajar Berbasis Kelas, sikap, pengetahuan

Download: https://drive.google.com/file/d/1jx5b6wG1CjWJ_8Zz5u92Foklpkr8470S/view

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button