Manajemen Kepala Sekolah Berbasis Multiple intelligence dalam Meningkatkan Daya Saing (Studi Multisitus di SMA Queen Al-Falah Ploso Mojo-Kediri dan MAN 4 Kediri Krecek Badas Kediri

Ismawati, Zulva 2022, Disertasi, Program Doktor Manajemen Pendidikan Islam Universitas
Islam Negeri (UIN) Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Promotor I: Prof.
Dr. H. Akhyak, M.Ag., Promotro II: Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I.

DOWNLOAD https://drive.google.com/drive/u/3/folders/1Ovo28lpedzySFRPPrDYFO7D0AZ1Pi4HR


ABSTRAK

Kata Kunci: Manajemen Kepala Sekolah, Multiple intelligence, Daya Saing


Manajemen Kepala sekolah merupakan satuan sistem yang dilakukan oleh seorang kepala sekolah dalam menjalankan fungsi manajemen, mulai dari merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, mengontrol, dan mengevaluasi segenap unit elemen yang ada dalam suatu lembaga pendidikan agar bisa berjalan efektif dan efisien serta mampu mencapai tujuan dengan maksimal. Kecerdasan yang dimiliki oleh seorang kepala sekolah akan mengambil peranan penting dalam keberhasilan manajemen kepala sekolah. Perkembangan teknologi yang semakin pesat, perkembangan dunia pendidikan yang semakin hebat, masyarakat yang semakin cerdas dan selektif dalam memilih lembaga pendidikan menuntut suatu lembaga pendidikan, dalam hal ini terutama kepala sekolah untuk mampu menjaga eksistensi dan meningkatkan daya saing lembaga pendidikan yang di naunginya. Penelitian ini berupaya menganalisis dan menemukan 1) Manajemen kepala sekolah berbasis kecerdasan verbal dalam meningkatkan daya saing di SMA Queen Al-Falah Ploso Mojo-Kediri dan MAN 4 Kediri Krecek BadasKediri. 2) Manajemen kepala sekolah berbasis
kecerdasan interpersonal dalam meningkatkan daya saing di SMA Queen Al-Falah Ploso Mojo-Kediri dan MAN 4 Kediri Krecek-Badas-Kediri. 3) Manajemen kepala sekolah berbasis kecerdasan intrapersonal dalam meningkatkan daya saing di SMA Queen Al-Falah Ploso Mojo-Kediri dan MAN 4 Kediri Krecek Badas Kediri.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan rancangan multisitus. Teknik Pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles Huberman dari Kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Analisis situs menggunakan model Bogdan, analisis dimulai dari analisis dalam situs 1 SMA Queen Al-Falah Ploso Mojo Kediri sampai selesai, dilanjutkan analisis dalam situs 2 di MAN 4 Kediri Krecek-Badas-Kediri, dan dilanjutkan analisis lintas situs. Uji keabsahan data melalui kredibilitas, tranferabilitas, dependenabilitas, dan konfirmabilitas.

Hasil penelitian menunjukkan 1) manajemen kepala sekolah berbasis kecerdasan verbal dalam meningkatkan daya saing adalah dengan xvi memiliki kemampuan senang membaca dan menulis, senang bercerita dan presentasi dengan baik, memiliki perbendaharaan kata yang baik, mampu menyampaikan gagasan dengan baik, mampu berkomunikasi dengan baik, mampu bediskusi dengan baik, senang membicarakan ide-ide dengan sesama, senang melakukan riset dan membaca ide-ide yang menarik, mampu berpikir lancar melalui kata-kata, memiliki kemampuan bahasa untuk meyakinkan orang, mampu memberikan penjelasan, mampu berbicara dan mendengarkan dengan baik setiap kata-kata, mampu menjawab pertanyaan dengan baik, mampu menceritakan kembali hal-hal yang didengarkan dengan baik, mampu menceritakan perasaannya dengan baik, mampu mempraktikkan bacaan dengan baik, mampu mengobrol dan sharing dengan baik, mampu memberikan komentar dengan baik, mampu menceritakan hikmah dan mengatikan cerita dengan materi, mampu curhat pengalaman dengan baik; 2) manajemen kepala sekolah berbasis kecerdasan interpersonal dalam meningkatkan daya saing adalah dengan suka mengamati sesama, mudah berteman, suka menawarkan bantuan ketika seseorang membutuhkan, senang mengikuti kegiatan bersama dalam satu kelompok, suka membantu sesama lebih damai satu sama lain, percaya diri ketika berjumpa dengan orang lain baik orang lama maupun orang baru, mampu mengorganisasikan kegitan-kegiatan bagi diri sendiri dan teman-temannya, mudah menerka perasaan sesama hanya dengan memandang mereka, mengetahui bagaimana caranya membuat sesama bersemangat bekerja sama dan agar mereka terlibat dengan apa yang kepala sekolah minati, suka bekerja sama, senang meyakinkan orang tentang sesuatu yang memang baik, adil dalam mengambil keputusan, senang bersukarela untuk menolong sesama, mampu menjangkau sesama, memiliki simpati dan empati yang tinggi kepada sesame; 3) Manajemen kepala sekolah berbasis kecerdasan intrapersonal dalam meningkatkan daya saing adalah dengan memiliki kemampuan suka bekerja sendirian pada saat tertentu ketimbang dengan sesama, menetapkan serta meraih sasaran-sasaran, menjunjung tinggi kepercayaan, tidak terlalu menguatirkan apa kata orang, mengetahui perasaannya-mengapa demikian-dan mengontrol diri dengan baik, merenungkan dalam-dalam tentang hal-hal yang penting baginya, sadar akan bidang yang menjadi kemahirannya dan bidang di mana tidak terlalu mahir, senang membuat catatan akan hal-hal yang penting bagi dirinya, sadar akan siapa dirinya, membawa diri dengan baik dimana pun dan kapan pun, memikirkan masa depan dan ingin menjadi apa suatu hari nanti. Termuan formal penelitian ini adalah mendukung teori Multiple intelligence Model Howard Gardner dan Thomas Amstrong yaitu manusia memiliki kecerdasan yang majemuk (multiple) yang selanjutnya kita sebut dengan Multiple intelligence yang sangat bermanfaat apabila digunakan dan dikembangkan dengan baik dalam segala lini kehidupan kita, termasuk dalam hal ini dalam dunia pendidikan oleh seorang kepala sekolah yang memanajemen lembaganya dalam meningkatkan daya saing

Show More

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button